Sejarah dan Pengertian Mendaki Gunung, serta Persiapan dan Hal-hal Mendaki Gunung



Sejarah dan Pengertian Mendaki Gunung, serta Persiapan dan Hal-hal Mendaki Gunung
jalanstapak33.blogspot.com


A. Sejarah dan Pengertian Mendaki Gunung

Mendaki gunung merupakan aktifitas yang keras, penuh tantangan resiko dan kesulitan. Dalam melaksanakan aktifitas ini membutuhkan keterampilan, kecerdasan dan kekuatan fisik yang baik. Kondisi fisik yang baik kunci keberhasilan dan lebih penting lagi keamanan seluruh kelompok tergantung pada kelemahan atau kekuatan kelompok. Seperti pentingnya kondisi fisik, sikap mental kita juga dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan. Kita memerlukan sikap positif, realistis dan kejujuran pada diri kita.sebab ada hakekatnya bahaya dan tentang tersebut adalah untuk menguji kemampuan diri dan untuk bisa menyatu dengan alam dan keberhasilan dalam melewati suatu medan pendakian yang sulit menunjukkan keunggulan dalam melewati rasa takut dan kemenangan terhadap melewati perjuangan diri sendiri.

Di Indonesia kegiatan mendaki gunung mulai dikenal sejak 1964 ketika pendaki Indonesia dan Jepang melakukan suatu expedisi gabungan dan berhasil mencapai puncak Soekarno di pegunungan Jayawijaya. Pendaki Indonesia tersebut adalah Soedarto, Soegini dan Fred Atabe dari Jepang. Pada tahun yang sama 1964 mulai berdiri perkumpulan-perkumpulan pendaki gunung, dimulai dari brdirinya perhimpunan penempuh rimba dan pendaki gunung Wanadri di Bandung dan Mahasiswa Pencinta Alam Univesitas Indonesia (Mapala UI) di jakarta kemudian di ikut oleh perkumpulan-perkumpulan lainnya di berbagai kota di Indonesia.

Baca juga: 7 Gunun dengan jalur ekstrime di Indonesia 


serta Persiapan dan Hal-hal Mendaki Gunung

1. PERSIAPAN BAGI SEORANG PENDAKI GUNUNG
Untuk menjadi seorang pendaki gunung yang baik diperlukan beberapa persyaratan antara lain :
  1. Mental, seorang pendaki harus tabah  dalam menghadapi berbagi kesulitan dan tantangan di alam terbuka. Tidak mudah putus asa dan berani. Berani di sini, yaitu sanggup menghadapi tantangan dan mengatasinya secara bijaksana dan juga berani mengaku keterbatasan kemampuan yang dimiliki.
  2. Pengetahuan dan keterampilan, meliputi pengetahuan tentang medan, cuaca, teknik pendakian, pengetahuan tentang alat pendakian dan sebagainya.
  3. Kondisi fisik dan medan, ini dapat dimengerti karena mendaki gunung termasuk olah raga yang berat. Berhasil dan tidaknya pendakian  bergantung pada kekuatan fisik. Untuk itu agar kondisi fisik tetap baik dan siap haruslah selalu berlatih.
  4. Etika, harus kita sadari sepenuhnya bahwa seorang pendaki gunung bagian dari masyarakat yang memiliki kaidah-kaidah dan hukum yang berlaku harus kita pegang teguh.mendaki gunung tanpa miliki keselamatan bukan sikap yang terpuji sebagaimana bila juga kita tidak menghargai sikap dan pendapat masyarakat di sekitar kita pada kegiatan mendaki gunung yang kita lakukan.
2. HAL-HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN DALAM MENDAKI GUNUNG
  1. Jumlah anggota dalam pendakian gunung minimal 3 orang, kecuali dalam pendukung yang telah diatur sebelumnya cukup memadai.
  2. Jagalah agar anggota kelompok tetap bersama.
  3. Janganlah mendaki di luar / melebihi batas kemampuan dan skill / pengetahuan diri.
  4. Bawalah setiap saat pakaian, makanan, peralatan dan perlengkapan secukupnya.
  5. Tinggalkan daftar perjalanan kita pada orang yang berkepentingan (keluarga, organisasi, dll).
  6. Ikutilah aturan / saran dari pendaki gunung yang sebelumnya telah mendaki gunung tersebut, melalui buku-buku atau sumber informasi lainnya.
  7. Berusahalah untuk bertindak / berlaku bila sebagai pencinta alam yang benar-benar menjaga kelestarian alam dan lingkungan dalam setiap kesempatan.
  8. kan daftar perjalanan kita pada orang yang berkepentingan (keluarga, organisasi dan berkepentingan).

Itulah tadi pembahasan tentang olahraga alam terbuka atau pendakian gunung dari kami. Semoga dapat menambah wawasan anda dan semoga bermanfaat ketika melakukan olah raga alam terbuka atau pendakian gunung.


Thank'' telah berkunjung di blok kami.

Coment dan langganan...!

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian, Ciri-ciri, Jenis-jenis dan Unsur Novel Terlengkap

Jenis dan klasifikasi pendakian gunung

Materi Pendakian Gunung Lengkap