10 Destinasi Wisat Paling Populer Di Jawa Timur

Indonesia terletak di garis khatulistiwa, okeh karena itu indonesia dikarunia sumberdaya alam yang melimpah. Jika kita membahas tentang keindahan alam Indonesia tertentu tidak ada habisnya untuk di kulik. Keindahan alam bertebaran mulai dari sabang sampai merauke. Itu sebabnya indonesi disebut sebagai surga di Khatulistiwa. Maka dari itu harus ada pengenalan mengenai tempat wisata yang ada di Indonesia.
Lebih spesifiknya kali ini kita akan membahas tentang Tempat wisata terpopuler di jawa timur. Buat para wisatawan wajib mengunjungi tempat wisata ini, kalian akan disuguhi pemandangan alam yang asri dan naturala, selain itu kalian akan di sambut dengan ramah oleh warga lokal di tempat ini.
Baca juga: 10 Destinasi Wisat Populer Di Jawa Barat 

10 Destinasi Wisat Populer Di Jawa Timu

1. Taman Nasional Baluran
Bagi masyarakat Jawa tidak asing lagi mendengar nama Taman Nasional Baluran. Tama nasional baluran bertempat di perbatasan kabupaten Banyuwangi sebelah utara dengan sebelah selatan kabupaten Situbondo.
pemberian nama taman nasional baluran sendiri diambil dari nama gunung baluran yang berada di dalam taman nasional tersebut. Di area taman nasional baluran terdapat vegetasi sabana, hutan Mangrove dan juga terdapat beberapa satwa yang hingga saat ini masih bertahan hidup. antara lain Banteng, Macan tutul, Ajag, kerbau liar, kijang, rusa, kancil, kucing bakau.

2. Pantai Tanjung Papuma 
Pantai Tanjung Papuma jember merupakan objek wisata pantai yang terletak di selatan kabupaten jember, setelah objek wisata pantai Ulo pesonanya meredup, kita kabupaten jember sudah menyiapkan pantai tanjung Papuma sebagai pengganti jikalau pantai Ulo sudah tidak bisa diharapkan lagi sebagai objek wisata andalan kabupaten jember.
Wana wisata tanjung Papuma berada sekitar 40 Km di sebelah selatan kabupaten jember dan masuk ke dalam lautan pantai selatan. lokasi tepatnya adalah di desa Lojejer kecamatan Wuluhan, dan alat transportasi menuju kawasan sudah sangat gampang dan jalan yang sudah sangat bagus.

3. Candi Penataran
Objek wisata sejarah candi penataran atau orang juga menyebut dengan candi Palah, merupakan bangunan candi dari agama Hindu, dan merupakan candi yang pernah diajukan sebagai situs warisan dunia.
Candi Penataran merupakan candi termegah yang berada di barat daya gunung Kelud dan juga berada di sebelah utara kabupaten Blitar, serta terletak di 450 meter di atas permukaan laut. atau berada di Kecamatan Ngelok, Kabupaten Blitar, Candi yang dibangun pada masa raja Srengga raja penguasa kerajaan kediri.

4. Kawah Ijen
Kawah Ijen atau masyarakat setempat menyebutnya Kawah Ijen yang paling populer adalah Danau Kawah di Jawa Timur. Ini adalah danau asam yang sangat tinggi di dunia dan juga satu dari dua satunya di dunia yang memiliki fenomena “api biru” yang tidak biasa.
Beberapa Fasilitas yang disediakan di objek wisata kawah Ijen: Musholla, toilet, warung dan homestay yang berada di Paltuding sedangkan untuk jalur Trek haiking buka dari pukul 01: 00-2: 00:00 dan bagi pengunjung yang mau menuju lokasi wisata kawah Ijen , Tidak ada angkutan umum dari Banyuwangi ke Paltuding. Cara sederhana adalah menyewa sepeda motor atau juga bisa ojek.

5. Pantai Plengkung
Objek wisata andalan lainnya di Jawa timur ada, pantai plengkung yang berada di kabupaten Banyuwangi, atau orang bule juga menyebutnya dengan G-Land, pantai plengkung sendiri berada kawasan taman nasional alas Purwo.
Suda banyak peselancar dunia yang mampir ke pantai plengkung, mereka senang karena ombak di pantai pesisir selatan ini sangat besar dan sangat cocok jika di gunakan untuk berseluncur.
Jalan menuju Objek wisata pantai plengkung saat ini sangat mudah, dengan akses jalan yang sudah di buat bagus dan sangat memanjakan para turis yang akan menuju objek wisata yang ada di alas Purwo ini.
Baca juga: 10 Destinasi Wisat Populer Di Jawa Barat

6. Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun yang mempunyai tinggi sekitar 200 meter dan merupakan air terjun tertinggi kedua yang berada di Indonesia. air terjun Air Terjun Madakaripura berada di kawasan taman nasional Bromo Tengger Semeru yang merupakan dataran tinggi pegunungan. Air Terjun Madakaripura sendiri masuk di daerah kabupaten Probolinggo.
Air Terjun Madakaripura juga biasa dikenal dengan nama air terjun abadi dikarenakan debit air yang mengalir tidak pernah kering dan selalu melimpah, Air terjun Madakaripura berlokasi di perbatasan Desa Sapih dan berada di Kecamatan Lumbang kabupaten Kabupaten Probolinggo dengan Desa Wonorejo, Kecamatan Lumbang di Kabupaten Pasuruan, Air Terjun Madakaripura akan sangan mudah diakses jika melewati Desa Sapih, Kecamatan Lumbang di Kabupaten Probolinggo.

7. Jawa Timur Park 
Jawa timur park atau orang lebih familiar dengan sebutan Jatim Park adalah salah satu wahana rekreasi wisata yang menjadi andalan di Jawa timur, tempat wisata yang menawarkan banyak sekali hiburan yang sangat cocok buat refresing keluarga, apalagi sangat pas jika di kunjungi di akhir pekan.
Jatim park sendiri hingga saat ini sudah terdiri dari 3 cabang dengan Jatim park 1 yang berada di Jalan Kartika no. 2 Sisir Batu, Malang adalah yang pertama berdiri dan disusul dengan Jatim Park 2 yang berlokasi di Jalan raya oro oro Ombo no. 9 Temas Batu, Malang sedang yang baru dibuka ada Jatim Park 3 yang berlokasi di Jalan raya Ir Soekarno No. 144.
Beberapa wahana yang bisa di nikmati di area Jatim Park antara lain: Museum Tubuh, Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Eco Green Park, Museum Angkut, Predator Fun Park, Predator Fun Park, Dino Park, Dino Mall, Fun Tech Plaza dan masih banyak atraksi yang menarik lainnya.

8. Pantai Balekambang
Objek wisata Pantai Balekambang merupakan objek wisata andalan kabupaten malang, berada di desa Srigonco, kabupaten malang. mempunyai panorama alam yang masih asri serta mempunyai pemandangan yang menyejukkan hati, sangat cocok jika di kunjungi saat akhir pekan guna menghilangkan penat di badan.
Pengelola Objek wisata Pantai Balekambang juga telah menyiapkan beberapa fasilitas yang bisa di gunakan oleh pengunjung antara lain Flying fox. Permainan ini awal mula di perkenalkan pada bulan Agustus 2012, tapi khusus permainan Flying fox hanya di buka pada hari Sabtu-Minggu. Pengelola juga menyediakan permainan bagi anak-anak. banyak fasilitas mainan semisal ayunan, patung hewan lengkap tersedia. dan pengelola juga akan ditambah fasilitas persewaan ATV.

9. Taman Nasional Gunung Bromo 
Objek wisata alam dan pegunungan Bromo, Siapa yang tidak mengetahui objek wisata alam yang satu, baik wisatawan lokal hingga mancanegara pasti tahu tentang keindahan gunung Bromo yang melegenda, gunung Bromo sebenarnya tidak terlalu tinggi hanya memiliki tinggi sekitar 2.329 meter di atas permukaan laut.
Gunung Bromo masuk dalam sebuah kawasan taman nasional Bromo tengger Semeru. sedangkan gunung Bromo mempunyai bentuk yang bertautan antara lembah dan juga ngarai beserta kaldera sebuah lautan pasir yang mencapai sekitar 10 Km.
Kawasan gunung Bromo sebenarnya berada di 4 kabupaten yaitu, Kabupaten Probolinggo dan Pasuruan sebelah utara, sedangkan sebelah barat dan selatan berada di kabupaten malang dan di bagian timur berada di kabupaten Lumajang.
Bagi masyarakat sekitar Bromo yang bersuku tengger, gunung Bromo dianggap gunung suci, bahkan di tiap tahun hari ke 14 bulan kasada pada penanggalan Jawa pasti diadakan sebuah upacara yadnya kasada acara ini masyarakat tengger akan melempar sesajen ke dalam gunung.

10. Danau Ranu Kumbolo 
Objek wisata alam Ranu Kumbolo adalah salah satu wisata danau yang paling terkenal di Jawa timur lebih tepatnya berada di kabupaten Lumajang dan mempunyai luas sekitar 15 hektar., dan biasanya yang datang adalah para pendaki, karena letaknya yang berada di taman nasional Bromo tengger Semeru. bagi yang ingin melepas penat, bisa datang ke lokasi Ranu Kumbolo dan tentunya dibutuhkan fisik yang kuat untuk sampai ke lokasi.
tapi jika sudah sampai ke Ranu Kumbolo , semua rasa capek akan terobati dengan adanya pesona alam yang masih asri dan udara yang sangat sejuk dan belum tercemar oleh polusi udara.
Baca juga: 10 Destinasi Wisat Populer Di Jawa Barat 

Itulah 10 Destinasi Wisat Populer Di Jawa Timur, tentunya wajib anda kunjungi saat berada di Jawa Timur, Anda tidak akan menyesal saat berkunjung ke tempat wisata ini karena pemandangan alam yang masih asri dan natrul serta anda akan disambut ramah oleh warga loka. Semoga informasi tempat wisata ini bermanfaat, dan bisa menambah wawasan baru mengenai tempat wisata.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian, Ciri-ciri, Jenis-jenis dan Unsur Novel Terlengkap

Jenis dan klasifikasi pendakian gunung

Materi Pendakian Gunung Lengkap