Destinasi wisata terumbu karang terbaik dunia

Terumbu Karang Terbaik Dunia

Letak geografis indonesi yang sangatlah strategis berada di garis katulistiwa membuatnya subur dan di karuniai sumbar daya yang sangat melimpah. Indonesia yang terdiri dari banyak pulau dan perairan yang sangat luas.

Indonesi yang sebagian besar wilayahnya adalah lautan mebuatnya kaya akan flora dan fauna yang hidup di lautan indonesia.

Berbicara tentang flora di lautan. Indonesia memiliki taman laut terumbu karang yang sangat di keanal sampai ke manca negara. Mebuat wisatawan lokal dan asing berlomba-lomba untuk menyelam sekedar menikmati hasil karya sang pencipta yang di sembunyikan di dasar laut.

Berikut ini taman terumbu karang indonesia yang menjadi buruan wisatawan lokal dan asing.
Baca juga: Destinasi pantai terindah di Indonesia 

https://jalanstapak33.blogspot.com/2018/11/5-tempat-wisat-taman-terumbu-karang-di.html
Jalanstapak33.blogspot.com 

1. Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara)
Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, Sulawesi Utara. Pulau Bunaken dapat ditempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan Kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.

2. Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara)
Taman Laut Wakatobi, merupakan nama kawasan taman laut nasional yang masuk dalam wilayah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman Laut Wakatobi memiliki luas 1,39 juta hektare (ha). Disamping sebagai pusat terumbu karang dunia, Taman Laut Nasional Wakatobi juga merupakan objek wisata bahari bagi para petualang alam bawah laut.

3. Taman Nasional Kepulauan Seribu (DKI Jakarta)
Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu tersusun oleh ekosistem pulau-pulau sangat kecil dan perairan laut dangkal. Taman ini terdiri dari gugus kepulauan dengan 78 pulau sangat kecil, 86 gosong pulau dan hamparan laut dangkal pasir karang pulau sekitar 2.136 hektare (reef flat 1.994 ha, laguna 119 ha, selat 18 ha dan teluk 5 ha), terumbu karang tipe fringing reef, dan mangrove.

4. Taman Laut Banda (Maluku)
Taman Laut Banda terletak di antara gugusan Pulau NeiraP pulau Gunung Api, Pulau Sjahrir dan Pulau Hatta di Kabupaten Maluku Tengah. Gugusan Pulau Neira merupakan salah satu taman laut terindah di dunia. Kajian Ekologis di Kepulauan Banda, menunjukkan bahwa terumbu karang di Banda memiliki keragaman hayati luar biasa, dengan adanya 310 jenis karang pembentuk terumbu, dan sekitar 871 spesies ikan.

5. Taman Laut Selat Pantar (NTT)
Terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, keindahan Taman Laut Selat Pantar mampu menarik perhatian para diver dari mancanegara. Taman Laut Selat Pantar meliputi perairan Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate, dan Pulau Pura. Taman Laut Selat Pantar memiliki 26 titik penyelaman (dive spot). Dive spot yang paling menarik pengunjung adalah Shark Close yang merupakan tempat berkumpulnya ikan hiu.


Fakta terumbu karang Indonesia

Menurut Greenpeace, luas terumbu karang Indonesia mencapai 50.875 km2. Jumlah ini 18% dari luas total terumbu karang dunia dan 65% luas total di coral triangle (kawasan Pusat Segitiga Terumbu Karang). Sebagian besar terumbu karang ini berlokasi di bagian timur Indonesia Indonesia memiliki kekayaan jenis karang paling tinggi yaitu 569 jenis dari 82 marga dan 15 suku dari total 845 jenis karang di dunia. Penelitian LIPI 2017 menyebutkan, sekitar 6,39% terumbu karang dalam kondisi sangat baik, baik (23,40%), cukup (35,06%) dan kondisi jelek (35,15%).

Indonesia segitiga terumbu karang

1.Segitiga terumbu karang atau disebut juga “Coral Triangle” merupakan wilayah perairan di daerah tropis dengan luas 5,7 km2 meliputi 6 negara yakni Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon dan Timor Leste.
2.Beberapa kepulauan Indonesia juga memiliki jenis karang cukup tinggi yakni Kepulauan Derawan (444 jenis karang), Pulau Banda (330 jenis), Nusa Penida, Komodo, Bunaken, Wakatobi dan Teluk Cendrawasih.
3.Taman Laut Selat Pantar (NTT) Terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, keindahan Taman Laut Selat Pantar mampu menarik perhatian para diver dari mancanegara. Taman Laut Selat Pantar meliputi perairan Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate, dan Pulau Pura. Taman Laut Selat Pantar memiliki 26 titik penyelaman (dive spot). Dive spot yang paling menarik pengunjung adalah Shark Close yang merupakan tempat berkumpulnya ikan hiu.
Baca juga: Destinasi pantai terkenal di Indonesia 

Nah itulah tempat wisata taman terumbu karang  di Indonesia  yanng menjadi perimadona para penyelam lokal atau mancanegara yang harus masuk dalam daftar wisata dan wajib kamu kunjungi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini. 

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian, Ciri-ciri, Jenis-jenis dan Unsur Novel Terlengkap

Jenis dan klasifikasi pendakian gunung

Materi Pendakian Gunung Lengkap